Skip to main content
Keneono.Net

follow us

KeneOno.Net - 10 Tips Sukses Ngeblog Untuk Pemula. Ngeblog ??? Apa itu Blogging adalah jenis pekerjaan/hanya sekedar hobi yang bergelut di dunia internet (Website) dan tulis menulis untuk dibagikan kepada orang lain (seperti apa yang sobat baca saat ini).

Saat ini persaingan dalam dunia perbloggingan cukup ketat, Sobat harus bekerja keras agar situs blog banyak pengunjung dan disukai serta menghasilkan uang tentunya. Kamu blogger pemula??? Jangan khawatir tak perlu pesimis untuk memulai blog hingga sukses, Asal sobat bisa menerapkan 10 tips blogging untuk pemula agar sukses menjadi blogger yang akan bagikan dibawah ini.

Contents

Saya sendiri masih dalam tahap belejar, masih seorang newbie tapi alhamdullilah sedikit-demi sedikit blog keneono ini sudah menghasilkan uang. Asal ada keamuan untuk semangat terus untuk ngurus blog pasti bakal Sukses untuk kedepannya, awalnya sama saya tidak tau sama sekali apa itu blogger, cari sana sini Tanya sana sini untuk supaya lebih tau tentang dalam dunia perbloggeran, dan tak lupa untuk menerapkan Tips Blogging Untuk Pemula Supaya Sukses Kedepannya.

Baca Juga : 10 Jenis Blog yang Paling Banyak Dikunjungi

Berikut 10 Cara Menjadi Blogger Sukses Untuk Pemula :


1. Buat Konten Unik yang Layak Dijadikan Referensi

Tulisan yang unik yang memiliki ciri khas tersendiri dalam setiap tulisan dan memiliki sudut pSobatng berbeda dari pada yang lain akan menarik bagi orang-orang untuk membacanya.

Cobalah terapkan buat konten unik ini, apakah artikel Sobat memiliki ciri khas tersebut. Dengan artikel dan bembahasan dalam tulisan yang unik akan membuat setiap pembaca betah di blog Sobat.


2. Buat Postingan yang Mudah Dibaca

Tips ini perlu diterapkan dalam membuat postingan artikel. karena tugas seorang penulis adalah membuat konten tulisan mudah dibaca semua orang (membuat orang paham). Sobat dapat melakukannya dengan mempelajari cara mengedit artikel, sehingga mudah untuk dibaca.

Beberapa tips blogging untuk pemula yang bisa dilakukan, misalnya dengan menggunakan paragraf pendek, buat kalimat yang padat, tambahkan konten multimedia (seperti gambar, video, GIF, dll) untuk memperjelas isi postingan, gunakan pemformatan (huruf tebal, cetak miring, kutipan, poin-poin) dan koreksi lagi sebelum di Publish. 

3. Tulis Topik yang Sedang Hangat Dibicarakan

Pertama cobalah menulis topic isi postingan artikel yang sedang banyak dicari orang (sedang viral). Sobat dapat menggunakan situs pencarian keyword untuk membantu mencari tahu apa yang sedang hangat dibicarakan saat ini. “Google Trends” merupakan salah satunya dan masih banyak yang lain, silakan search sendiri :).

Di situs tersebut, Sobat dapat melihat beberapa data terkait topik hangat (yang sedang bayak dicari di penelusruan), ditambah dengan informasi data presentasenya.

Tidak hanya menggunakan Tools tambahan Sobat juga bisa mencari refesensi lain dari grup-grup facebook / TV yang sedang trending.

4. Tulis Berita Utama

Orang akan mencari konten melalui mesin pencarian atau media sosial. Mereka akan memutuskan untuk membacanya dilihat dari judul tersebut menarik atau tidak.

Sebagai blogger pemula, coba untuk menulis konten yang dapat menarik perhatian orang. Namun, bukan berarti boleh clickbait (isi artikel tidak sesuai Judul Postingan).

Jangan membahas isi artikel tidak sesuai apa yang di postingan, hanya akan membuang waktu si pembaca merasa kecewa, tips pembahasan sedikit langsung ke point yang yang sedang dibahas.

Sobat juga harus tetap memahami cara kerja tajuk berita dengan benar. Belajarlah dan pahami dari beberapa blog lain yang lebih populer dan lihat bagaimana cara mereka menyusun berita utama (Artikel). Sobat juga bisa menggunakan penganalisa judul gratis, seperti “Headline Analyzer”.


5. Tulis Pengantar yang Bagus

Tulisan bagus ialah yang mampu membuat pengunjung membaca kalimat pertama (Paragraf Pertama). Buatlah pengantar untuk menghubungkan mereka dengan keseluruhan topik dalam artikel, buatlah pengantar yang membuat orang semakin penasaran untuk etrus membacanya hingga tuntas.

Jadi, usahakan jangan membuat pengantar terlalu panjang, karena hanya membuat para pembaca bosan dan akan meninggalkan blogmu begitu saja.

Contoh pengantar yang menarik, misalkan tunjukkan kepada pembaca bahwa Sobat memahami masalah yang dihadapi, memberikan solusi apa yang sedang dicari.

Dengan begitu, mereka akan merasa diperhatikan. Katakan bahwa ada solusi untuk mengatasi masalah tersebut dan buat pembaca percaya dengan isi artikel.

6. Pelajari SEO Dasar

Ini merupakan tahapan yang penting. Sebagai blogger, pelajari pondasi pemahaman mengenai “Search Engine Optimization”. Walaupun masih belum tau sama sekali, tapi setidaknya sobat perlu tau sedikit tentang SEO ini, nanti seiring berjalannya waktu akan tau lebih banyak lagi tentang SEO.

Mulailah dari dasar tentang bagaimana supaya tulisan ramah bagi mesin pencari dan tidak membuat pembaca bosan.

Sobat juga harus memahami mengenai SEO on Page. Hal ini terkait dengan penempatan kata kunci pada judul dan penggunaan URL pendek di dalam sebuah deskripsi. Penerapan Heading, Subheading, Minor Heading, dll.

SEO tidak hanya tentang memasukkan kata kunci yang tepat, namun adanya kata dan frasa terkait merupakan faktor penting.

7. Konsisten Menulis Setiap Hari

Tips blogging untuk pemula selanjutnya adalah teruslah berlatih konsisten dengan menulis setiap harinya. Walaupun cuman 1 postingan saja, bangunlah sebuah kebiasaan seperti itu. Semakin banyak Sobat berlatih, maka konten tercipta juga akan semakin baik.

Menulis tidak bisa langsung menjadi bagus dan banyak yang menyukai. Fokuslah pada tujuan awal dan tulis sebanyak mungkin (tapi yang masuk akal) sesuai kemampuan dan posting di blog.

8. Menjadi Blogger Tamu (Guest Blogger)

Para blogger pemula untuk meningkatkan visitor blog perlu menjadi blogger tamu, berarti harus menulis artikel untuk blog lain dengan menyisipkan tautan ke blog milik Kita sendiri. Pastikan blog tersebut memiliki topik yang sama, misalkan tentang Teknologi, (Sesuaikan Blog yang membahas topic yang sama).

Sebagian besar blog populer, pasti memiliki konten bagus. Ini kesempatan baik bagi blogger pemula untuk belajar. Banyak para blogger populer membuka Guest post untuk diposting di blognya. Dengan ini sobat mendapatkan backlink gratis dan kemungkinan besar blog Sobat akan banyak pengunjungnya.

Selain itu, Sobat juga harus menganalisa domain authority-nya (DA/PA) terlebih dahulu. Hal ini penting untuk dijadikan rujukan sebuah situs melalui mesin pencarian, seperti Google. Semakin tinggi DA/PA semakin baik juga peforma situs tersebut.

9. Bagikan Postingan di Sosial Media

Tips Blogging Sukses selanjutnya adalah bagikan postingan artikel baru Sobat ke beberapa media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, WhatsApp, Tumblr, Pinterest, dll.

Ini merupakan cara yang mudah untuk mempromosikan karya kita supaya mendatangkan banyak pengunjung dan pembaca secara gratis.


10. Promosikan Postingan di Komunitas Online

Yang Terakhir Sobat juga dapat mempromosikan Postingan Blog pada komunitas online di beberapa media sosial dan ikuti grup kepenulisan seputar blogging.

Ini merupakan bagian strategi yang bagus untuk saling berkomunikasi sesama blogger dan mendapatkan umpan balik serta masukan satu sama lain.

Kesimpulan

Menjadi seorang blogger membutuhkan sebuah konsistensi, kemampuan menulis artikel dan promosi tulisan yang baik, memiliki jaringan luas sesame blogger dan lainnya.

Cobalah Terapkan 10 Tips Blogging Sukses Untuk Pemula yang sudah saya jelaskan diatas dan raih tingkatkan trafik blog Sobat. Selamat bekerja dan mencobanya. Semoga bermanfaat untuk Sobat semua.

Jangan lupa kunjungi terus blog KeneOno untuk mendapatkan artikel menarik lagi lainnya. Terimakasih…
Jika sobat ingin menjadi donatur silahkan hubungi admin via Whatsapp. Dana hasil dari Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain keneono.net. Terima Kasih
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar