Skip to main content
Keneono.Net

follow us

Keneono.Net – Diera melenial ini banyak peluang usaha yang bisa kalian manfaatkan salah satunya yaitu Jualan online. Iya jualan online, dengan cuman memasarkan barang/produk kita di social media atau situs jual beli kalian bisa mendapatkan penghasilan tanpa harus mempunyai toko offline.

Sekarang ini banyak orang-orang yang melakukan jualan online ini, soalnya tanpa kita punya produk sendiri kalian bisa ambil produk orang lain atau menjadi Reseller. Tanpa ribet dan bisa kalian jalankan dari rumah.


Nah untuk kalian yang masih pemula ingin terjun ke jualan online perlu diperhatikan supaya jualan kalian bisa maksimal.

Berikut 10 Tips Jualan Online Untuk Pemula supaya Laris Manis banyak Orderan :


1. Menetukan Produk Yang Dijual

Jika Kalian ingin berjualan online tentukan produk apa yang ingin dijual dan memahami konsep bisnis online seperti apa, selanjutnya Kalian perlu membuat penentuan produk yang hendak dipasarkan. Agar lebih mudah, Kalian bisa memilih barang yang paling disukai dan sering digunakan.

Misalnya saja, Kalian sangat menyukai cemilan dan kuliner khas suatu daerah. Kalian bisa memilih salah satunya dan memulai berjualan dengan persiapan yang matang. Saat akan memulai bisnis, singkirkan anggapan jika Kalian belum benar-benar memahami produk yang akan dibuat.

Semua pengetahuan dan wawasan mengenai produk pilihan Kalian akan semakin berkembang sesuai berjalannya waktu. Kalian juga perlu aktif mencari informasi seputar produk tersebut melalui buku hingga media sosial.

Sebagai langkah awal, Kalian harus menjadi penjual yang jujur di depan para pembeli. Selain itu, beberapa faktor penentu dalam memilih produk yang layak jual adalah:

Produk jenis apa yang sudah Kalian pahami?
Sejauh mana Kalian memahami produk itu?
Apakah Kalian sudah mengetahui siapa saja pesaing dari produk tersebut?
Bisakah Kalian menentukan alur bisnis dari produk itu? Sejak dari pengambilan produk hingga sampai di tangan pembeli?
Apa saja trik pemasaran yang Kalian pilih agar produk laku terjual?

2. Memiliki Mental Yang Kuat

Bisnis online yang sukses dan laris manis diserbu konsumen, tentunya tidak bisa didapatkan secara instan. Agar Kalian bisa mencapai titik ini adalah memiliki mental yang kuat dan siap menghadapi semua resiko.

Menjadi pengusaha atau pebisnis berarti Kalian siap untuk merugi dan jatuh bangun. Target utama Kalian adalah konsumen, sehingga Kalian harus memahami beberapa hal yakni:

Karakter konsumen online
Kualitas dari pelayanan/ CS toko
Tampilan dari toko online
Membangun kepercayaan kepada konsumen
Pada umumnya, ketika Kalian memiliki konsumen offline dan online, karakter keduanya tidak jauh berbeda. Tetapi ada 2 hal yang sangat terlihat yakni:

Konsumen online lebih mudah membandingkan karena bisa melihat banyak toko dalam satu waktu.
konsumen online lebih waspada dan tidak mudah percaya karena tidak akan kontak fisik dan maraknya penipuan yang sering terjadi.
Selain memperhatikan konsumen, Kalian sebagai penjual juga perlu melakukan beberapa hal seperti:

Menentukan jam kerja
Berkomunikasi dengan bahasa yang sopan
Tidak mudah tersinggung dan harus sabar

3. Penyusunan Rencana Bisnis Online

Perencanaan adalah hal yang penting saat Kalian akan melakukan sesuatu, terlebih lagi ketika menjalankan sebuah bisnis. Para pebisnis online yang masih pemula perlu membuat sebuah perencaan bisnis yang matang.

Perencanaan ini meliputi banyak hal, mulai dari nama bisnis Kalian, produk yang akan dijual, harga produk, target pasar, metode pemasaran hingga laporan keuangan. Selain itu, Kalian juga perlu menyisipkan target penjualan dalam perencaaan tersebut sebagai motivasi.

4. Mencari Hingga Menentukan Supplier

Menjalankan sebuah bisnis pastinya tidak terlepas dari para supplier. Sebagai pemula, Kalian pasti membutuhkan supplier yang amanah, berkualitas dan ramah di kantong. Namun, diperlukan kesabaran untuk mendapatkan supplier yang paling cocok untuk usaha Kalian.

Selama memilih supplier, Kalian harus menimbang keuntungan dan kerugian dari beberapa supplier yang sudah disurvei. Ada faktor-faktor penentu yang bisa Kalian gunakan saat memilih supplier terbaik, misalnya:

Harga penawaran dari supplier
Lokasi supplier (perkiraan jarak tempuh dari toko Kalian menuju supplier)
Jumlah stok produk
Tawaran kemudahan dan kelancaran komunikasi dengan pihak supplier

5. Penentuan Harga Produk

Tips lainnya yang harus Kalian perhatikan saat memulai bisnis online adalah penentuan harga produk. Kalian harus menentukan harga jual yang sesuai agar diterima masyarakat, sehingga bisa terjual laris manis. Sebagai gambarannya, Kalian perlu memperhatikan:

Harga tetap dari supplier
Rata-rata harga produk di pasaran
Biaya operasional tambahan
   

6. Mencari Dan Menentukan Lokasi Jualan

Tips jualan online yang tidak kalah pentingnya adalah mencari dan menentukan lokasi jualan. Mungkin bagi sebagian orang, hal ini tampak mudah. Namun, diperlukan ketelitian dan perhitungan yang tepat agar Kalian mendapatkan lokasi yang sangat strategis.

Sekarang ini banyak sekali situs jual beli online dan social media yang bisa kalian manfaatkan untuk jualan online, seperti facebook, Whatsapp, Instagram, Shopee, Lazada, Bukalapak, Tokopedia, dll. Silakan posting produk kalian sebanyaknya supaya bisa terjangkau banyak orang dan buat semaksimal mungkin supaya pembeli percaya pada produk yang kalian jual.

Jangan bosan-bosan kalian posting produk setiap harinya walaupun belum banyak yang beli, karena itulah salah satu strategi jualan online supaya banyak dilihat orang, semakin banyak yang lihat produk kamu kemungkinan besar produk kamu laris manis.

7. Ide Promosi Produk

Setelah produk siap dan memiliki lokasi jualan, Kalian harus melakukan promosi ke masyarakat agar produk tersebut bisa dikenal. Buatlah ide promosi semenarik dan sekreatif mungkin, sehingga membangkitkan rasa penasaran konsumen terhadap produk Kalian.

Terdapat banyak media promosi yang bisa Kalian gunakan, mulai dari promosi langsung hingga memaksimalkan media sosial. Saat ini, banyak penjual online yang memakai jasa ‘endorse artis’ untuk menambah kepercayaan konsumen terhadap suatu produk.

Tidak hanya itu saja, kemudahan berbelanja juga ditKaliani dengan maraknya aktivitas e-commerce. Kalian bisa juga memasang iklan melalui instagram, google ads dan facebook. Para pelaku bisnis professional biasanya juga menggunakan optimasi SEO.

8. Pengelolaan Keuangan Atau Arus Kas

Tips jualan online yang laris manis tidak hanya sekedar produk Kalian yang diterima masyarakat dan terjual habis. Namun, toko online Kalian harus terus berkembang, salah satu caranya adalah mengelola keuangan atau arus kas dengan benar.

Sekecil apapun bisnis online yang sedang Kalian jalankan, Kalian harus melakukan pencatatan keuangan dan membuat laporan Pengelolaan ini bertujuan untuk mengontrol setiap transaksi dan menjadi bahan analisa bisnis.

9. Melakukan Evaluasi Dan Pengkajian Strategi Jualan

Tips terakhir yang harus dilakukan oleh seorang pebisnis online, khususnya bagi pemula adalah melakukan analisis, evaluasi dan pengkajian ulang strategi jualan yang sudah diterapkan. Evaluasi harus dilakukan secara rutin bersama semua pihak yang bersangkutan.

Jika ditemukan strategi yang kurang tepat, Kalian bersama tim bisa memperbaharuinya dengan strategi baru agar jangkauan target konsumen semakin meluas. Selain itu, bisa juga menghilangkan elemen apa saja yang kiranya merugikan bisnis online Kalian.

10. Optimalkan Pelayanan Kalian

Ini adalah gerbang Kalian bertemu dengan pembeli. Setelah berbagai usaha dilakukan untuk mengundang pembeli, saatnya Kalian menyambut mereka dengan layanan maksimal. Layanan yang diwakili oleh customer service akan menentukan wajah toko online Kalian di hadapan pembeli.

Apabila Kalian berhasil menciptakan pengalaman belanja yang mengesankan, maka pelanggan akan kembali dan merekomendasikan toko Kalian pada teman-temannya. Namun sebaliknya, jika toko Kalian menyediakan pengalaman belanja yang buruk maka pelanggan akan menyebarkannya secara luas.


Sekian, itulah 10 Tips Jualan Online Supaya Cepat Laris Manis banyak Orderan yang bisa kalian terapkan untuk dipraktekkan, semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih..
Jika sobat ingin menjadi donatur silahkan hubungi admin via Whatsapp. Dana hasil dari Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain keneono.net. Terima Kasih
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar