Skip to main content
Keneono.Net

follow us

Keneono.Net – Perkembangan bisnis online saat ini meningkat drastic salah satunya yaitu Jualan Online, dengan jualan online kita bisa mendapatkan pundi-pundi penghasilan tanpa harus mempunyai toko offline cukup dari rumah asal punya hp akses internet kita semua bisa jualan online.


Namun sebelum kalian terjun ke online shop perlu kalian ketahui istilah kata kata yang sering digunakan saat jual beli online, mungkin dari kalian semua belum mengetahuinya, nah dibawah ini ada beberapa istilah kata kata saat jualan online yang dapat kalian pelajari.

Berikut 20 Istilah Kata-kata Jual Beli Online yang Wajib kalian ketahui :

1. Seller

Istilah Seller ini ialah penjualnya, Si penjual yang ada di toko online bisa dikatakan pemilik toko yang disebut dengan istilah seller yang menjual produk atau jasa secara online.

Nah selain Seller ada juga istilah Reseller yang artinya juga sama yaitu penjual namun Reseller ini Adalah penjual yang menjual barang milik orang lain dengan kata lain Reseller tidak memiliki stok barang jualan.

2. Buyer

Kalau Seller adlah penjual maka Istilah buyer ini ialah pembelinya, istilah buyer ini kerap sekali digunakan dalam bisnis online yang artinya adalah pembeli, dimana buyer membeli barang atau jasa  dengan sejumlah uang atau berupa alat tukar lainnya.

3. Supplier

Dalam istilah jualan online, Supplier diartikan sebagai pihak yang menyediakan stok barang untuk dijual oleh penjual.

Biasanya berupa pabrik atau perusahaan yang memiliki banyak stok barang dan memberi kesempatan kepada pelaku bisnis online seperti Dropshipper maupun seller untuk kerjasama dengan ikut menjualkan barang mereka.

4. Dropship

Penjualan yang dilakukan dengan melibatkan tiga pihak, bisa dikatakan sebagai perantara antara Supplier dan Buyer atau Konsumen.

Sistem kerjanya, jika ada pemesanan barang maka penjual akan menghubungi pihak Supplier untuk mengirimkan barang ke pembeli. Peran ini biasa disebut dengan istilah Dropshipper yaitu yang menjualkan barang Supplier.

5. Trusted Seller

Istilah ini diperuntukan untuk toko atau penjual yang artinya penjual terpercaya. Hal ini Adalah pengakuan berupa kepercayaan dari banyak orang terhadap penjual.

6. WS (Wholesale)

Istilah WS sering digunakan oleh penjual yang menunjukan bahwa toko sipenjual Adalah Distributor yang siap melayani penjual ke Reseller.

Biasanya pembelian produk secara besar-besaran dengan harga yang jauh lebih murah sehingga Reseller akan mendapatkan keuntungan lumayan besar.

7. COD (Cash on Delivery)

Istilah COD sering disebut juga dengan bayar ditempat yang artinya proses jual beli dengan sistem pembayaran dilakukan pada saat barang yang dibeli sudah sampai tujuan.

Untuk lebih detailnya silahkan baca artikel arti COD dalam jual beli online.

Jadi pembeli bisa ngecek langsung barang yang dibeli pada saat barang sampai lalu melakukan pembayaran.

8. TRF/TF/XFR

Kata-kata TRF/TF/XFR Adalah singkatan dari Transfer yang artinya dalam jual beli online adalah transfer pembayaran.

Hal ini berkaitan dengan metode pembayaran, dimana pembeli bisa mentransfer sejumlah uang ke rekening penjual.

9. DP (Down Payment)

DP yang artinya uang muka atau bisa disebut dengan uang jaminan. Hal ini sering kita jumpai di istilah bisnis online.

Dimana pembeli harus melakukan pembayaran sebagai bentuk tKalian jadi terhadap barang yang dipesan. Pembayarannya pun sesuai dengan ketentuan dari si penjual bisa setengah atau seperempat dari harga barang yang di pesan.

Nah biasanya sistem DP yang berada di jualan online berupa barang Pre Order.

10. FP (Full Payment)

FP ini kebalikan dari DP dimana pembeli harus melakukan pembayaran sesuai dengan harga barang yang dibeli secara penuh (full)

Misalnya Kalian membeli barang seharga Rp150.000 maka Kalian harus membayarnya langsung sesuai dengan harga tersebut yaitu Rp150.000.

11. Restock

Arti dari istilah Restock dalam online shop menunjukan bahwa barang tersebut sedang dalam produksi ulang.

Jadi jika Kalian menemukan barang Restock pada saat belanja online sebaiknya tanyakan dulu kepada penjual berapa lama barang tersedia agar tidak terlalu lama menunggu.

12. Ready Stock

Kebalikan dari Restock dimana istilah Ready Stock Adalah barang yang dijualbelikan tersedia di tangan penjual dan siap untuk dikirim ke pembeli.

Jadi penjual bisa langsung mengirim barang pesanan dari pembeli tanpa harus memesan lagi. Waktu yang dibutuhkan untuk barang tiba di tujuan pembeli tergantung dengan ekspedisi pengiriman.

13. Sold Out

Istilah Sold Out adalah menunjukan barang tersebut telah habis laku terjual. Biasanya barang ini hanya tersedia beberapa saja tidak terlalu banyak.

Kalian tidak bisa melakukan pembelian barang yang sudah Sold Out terkecuali penjual melakukan restock.

14. PO (Pre Order)

Maksud dari PO ini adalah pemesanan suatu barang dimana barang ini harus dibuat atau dipesan terlebih dahulu oleh seller.

Contohnya barang yang dipesan berupa desain sehingga seller harus mendesain terlebih dahulu kemudian barang bisa dikirimkan kepada pembeli.

Namun seller akan melakukan pembuatan atau pemesanan barang tersebut setelah pembeli telah melakukan pembayaran terhadap barang yang dipesan tersebut.

15. PM (Private Message)

Kalian pasti pernah menemukan istilah PM di berbagai situs jual beli online. Sudah tau maksud dan artinya?

Ok, langsung saja. PM artinya adalah pesan pribadi, dimana si penjual dan pembeli bisa langsung berkomunikasi langsung untuk membahas produk tertentu.

Misalnya dengan cara PM, pembeli bisa menanyakan ketersediaan barang yang dijual kepada penjualnya langsung baik itu berupa ukuran, warna dan sebagainya.

Ada juga istilah BC (Broadcast Chat) yang artinya pengiriman pesan kebanyak orang. Hal ini sering dilakukan penjual yang biasanya untuk menawarkan barang dengan promo menarik terhadap para pelanggannya.

16. Ongkir

Ongkir Adalah singkatan dari Ongkos Kirim yang artinya disini membicarakan mengenai tarif ongkos kirim.

Setiap pembelian online terdapat ongkir yang harus dibayar oleh pembeli, nah sebaiknya sebelum melakukan pembelian sebaiknya cek terlebih dahulu Ongkirnya.

17. OEM (Original Equipment Manufacturer)

Banyak ditemui penjual sering mencantumkan kata OEM pada deskripsi produknya. Artinya barang tersebut Adalah barang original dari pabrik yang dikemas tidak terlalu bagus.

Banyak pihak yang melakukan ini dengan cara membeli barang original kemudian mengolahnya dan kemudian dijual kembali dengan mengatasnamakan brand produk tersebut.

Pembelian produk seperti ini sangat beresiko alangkah baiknya untuk membeli barang yang benar-benar original.

18. ONS (One Night Service)

Nah istilah ONS ini dalam belanja online maksudnya adalah barang yang dipesan dapat menggunakan jasa pengiriman cepat yaitu maksimal dalam satu hari.

Biasanya barang yang dipesan dengan layanan ini berada di kota yang sama atau dengan estimasi pengiriman satu hari.

19. Tracking

Tracking Adalah proses pelacakan untuk mengetahui lokasi barang yang dibeli dengan menggunakan resi.

Nah dalam pelacakan ini setiap ekspedisi biasanya memiliki istilah-istilah tersendiri dalam pengiriman barang. Misalnya saja ekspedisi JNE yang banyak sekali terdapat istilah JNE yang harus Kalian ketahui.

20. PL (Price List atau Preloved

Istilah PL dalam jual beli online dikenal dengan dua arti yaitu bisa Price List dan bisa juga Preloved. Tentunya kedua istilah ini memiliki arti yang berbeda.

Price List sendiri memiliki arti daftar harga beberapa barang atau jasa yang dijual oleh toko. Biasanya istilah PL disini digunakan oleh pemilik toko untuk menjelaskan harga barang jualannya secara singkat tanpa harus panjang lebar.

Nah sedangkan Preloved artinya adalah barang bekas, namun perlu Kalian ketahui bahwa barang yang di maksud Preloved ini adalah banrang barang bekas dengan kondisi seperti baru sehingga masih sangat layak untuk digunaakan.


Sekian, Itulah artikel kali ini tentang Istilah kata kata Jualan Online yang bisa kalian pelajari untuk terjun ke online shop, semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih…
Jika sobat ingin menjadi donatur silahkan hubungi admin via Whatsapp. Dana hasil dari Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain keneono.net. Terima Kasih
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar