Skip to main content
Keneono.Net

follow us

KENEONO - Dikesempatan kali ini saya akan share Cara Mengatasi Kamera WhatsApp yang error atau tidak bisa dibuka. Mungkin sobat sering kali pernah ngalamin hal seperti ini pada aplikasi Whatsapp. Kebanyakan kasus ini biasanya terjadi pada Android atau Smartphone Xiomi, Oppo,Smartfren tapi kemungkinan juga bisa pada Smartphone lainya.

Mungkin dari sebagian banyak pengguna WhatsApp pasti pernah mengalami WhatsApp kamera gagal dioprasikan atau tidak bisa dibuka pada saat ingin video call, mengirim gambar dari jepretan kamera didalam aplikasi whatsapp.dan kasus seperti ini biasanya muncul Notifikasi dari WhatsApp seperti ini "tidak dapat memulai kamera silahkan mulai ulang telepon anda whatsapp" dan "tidak dapat memulai kamera silahkan muat ulang telepon anda". Jika memang kamera whatsapp sobat bermasalah seperti itu dibawah ini saya akan memberikan sedikit solusi untuk mengatasinya.


Sebelum melanjutkan ke cara mengatasinya alangkah baiknya sobat cek terlebih dahulu kamera pada Android yang sobat gunakan. karena bisa jadi memang Kameranya yang error. namun jika ternyata kamera tidak ada masalah dan bisa digunakan berarti memang ada yang salah pada pengaturan pada aplikasi Whatsapp nya yang mengakibatkan Kamera Whatsapp error dan tidak bisa digunakan. Lalu bagaimana cara mengatasi masalah seperti tersebut? Yuuk langsung saja simak cara mengatasi nya dibawah ini.

Berikut Cara Mengatasi Kamera Whatsapp Tidak Bisa Dibuka :

#Cara 1 Setting Pengaturan Kamera di Whatsapp

  • Cara yang pertama untuk mengatasi whatsapp tidak bisa membuka kamera yaitu dengan mengaktifkan perizinan kamera pada aplikasi whatsapp di menejemen aplikasi, karena memang terkadang aplikasi yang ingin digunakan fiturnya membutuhkan perizanan dahulu untuk bisa berfungsi. sebenarnya juga jika kamera pertama kali ingin digunakan di aplikasi whatsapp akan muncul sebuah notifikasi perizinan untuk mengatifkan kamera didalam aplikasi whatsapp. namun jika dirasa notifikasi tersebut tidak ada atau pada saat pertama kali tidak diizinkan sobat bisa menggunakan cara dibawah ini untuk mengaktifkan kamera di aplikasi whatsapp.
  • Buka Pengaturan Android.
  • Kemudian masuk ke Menu Manejemen Aplikasi. silahkan sobat cari Aplikasi WhatsApp.


  • Jika sudah ketemu silahkan Klik pada Menu Pemantau Izin => Silahkan anda centang Kamera jika belum tercentang. lebih jelasnya seperti gambar dibawah ini.
  • Selesai, silahkan anda coba Kamera di dalam Aplikasi Whatsapp. jika nantinya muncul notifikasi / pemberitahuan Perizinan Klik Izinkan.

#Cara 2 Install Ulang Atau Hapus Data Aplikasi WhatsApp 

  • Jika dengan cara diatas dirasa belum bisa, sobat bisa lakukan cara yang kedua ini, yaitu menghapus aplikasi whatsapp atau menghapus data pada aplikasi whatsapp. Tapi sebelum melakukan ini alangkah baiknya anda Backup dahulu agar tidak kehilangan Chat lama.
  • Jika chat whatsapp sudah di backup atau di cadangkan, selanjutnya silahkan anda hapus data aplikasi whatsapp jika dirasa aplikasi whatsapp sudah versi baru atau lakukan Uninstall aplikasi WA dan silakan download whatsapp versi terbaru di Play Store.
  • Kemudian Restart Android dan install kembali aplikasi Whatsapp.
  • Untuk mengembalikan chat whatsapp yang di backup, silahkan lakukan restore.
  • Selesai

Sekian kali ini artikel tentang Cara Mengatasi Kamera WhatsApp Error tidak bisa dibuka, semoga bisa bermanfaat untuk sobat semua.
Jangan lupa kunjungi terus blog KENEONO untuk mendapatkan artikel menarik lagi lainnya. Terimakasih...
Jika sobat ingin menjadi donatur silahkan hubungi admin via Whatsapp. Dana hasil dari Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain keneono.net. Terima Kasih
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar