Skip to main content
Keneono.Net

follow us

Ciri Ciri eMMC Mulai Lemah - Di Era modern seperti saat ini, banyak orang yang tidak bisa lepas dari smartphone Android yang mereka miliki. Berbicara tentang Android, pastinya tidak lepas dari permasalahan Software ataupun Hardware. Dan permaslahan hardware lah yang ditakuti, terlebih lagi kalau eMMC yang rusak, karena mau tidak mau harus mengganti komponen yang ada didalamnya dan pastinya membutuhkan biaya yang tidak murah.

Contents

Seperti yang saya singgung diatas, bahwa di dalam sebuah smartphone Android terdapat beberapa komponen penting yang memiliki fungsi yang bermacam-macam. Dan ada salah satu komponen penting dari sebuah smartphone yaitu eMMC yang memiliki peranan penting dalam smartphone Android.

Apa itu IC eMMC?

Bagi anda yang belum tau apa itu eMMC, eMMC adalah singkatan dari Embeded Multi-Media Controler, yang merupakan sebuah media penyimpanan dan merupakan modul controler yang memiliki kecepatan sangat tinggi.

IC eMMC memang dibuat agar dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan mobile, seperti smartpone, kamera, tablet, dan bahkan merambah ke dunia media player yang mempunyai spesifikasi tinggi. Adapun merk dari IC eMMC yang banyak beredar adalah Samsung, Hynix, dan Toshiba, dan lain-lain.

Apabila anda termasuk orang yang tidak terlalu tahu tentang dunia elektronik, mungkin anda akan merasa kebingungan untuk membedakan antara IC eMMC dan IC CPU, karena keduanya memiliki kesamaan fisik, yaitu berbentuk Chip IC.

Untuk ciri-ciri IC eMMC biasanya terdapat tulisan merek diatasnya, seperti samsung, Hynix, Toshiba, dan lain-lain. Sedangkan IC Cpu biasanya ditandai dengan tulisan merk CPU tersebut, seperti Qualmcomm Snapdragon, Kirin, Mediatek, Exynos dan lainya.

Layaknya perangkat elektronik lain, seiring dengan berjalanya usia smartphone Android, maka semakin besar juga kemungkinan penuhnya kapasitas eMMC, jadi tidak heran jika sedikit demi sedikit terjadi gangguan pada smartphone. Maka sangat lumrah apabila smartphone menjadi semakin lemot. Untuk mengetahui Ciri eMMC mulai lemah, anda bisa membaca gejala eMMC lemah dibawah ini

Mengetahui IC eMMC Mulai melemah.

Dalam IC eMMC ada tempat untuk menyimpan partisi Recovery Mode, System OS, Internal Storage, dan lain-lain yang secara fungsi mempunyai peranan penting dalam mendukung kinerja sebuah smartphone Android.

Untuk itu bisa kita simpulkan, bahwa eMMC adalah sebuah chip yang menyimpan OS android. Sebenarnya terdapat banyak sekali IC dalam smartphone, contoh IC flash yang berfungsi sebagai penyimapanan, dan IC eMMC yang menjadi penyimpanan flash dan berfungsi sebagai controler Android Os.

Gejala eMMC Rusak atau Lemah

Salah satu ciri IC eMMC mulai lemah adalah sering muncul pop-up "sayangnya aplikasi telah terhenti" atau bisa juga ditandai denga terjadi froce close pada aplikasi, kinerja smartphone menjadi lemot. Bahkan IC eMMC juga bisa menjadi faktor terjadinya bootloop. Untuk lebih lengkapnya berikut ini beberapa Ciri IC eMMC rusak.

  1. Smartphone Bootloop dan tidak bisa di flash, atau meskipun proses flashing berhasil, tapi tetap bootloop.
  2. Tidak bisa melakukan wipe atau factory reset.
  3. Sering terjadi "Froce close" atau sering muncul notifikasi "Sayangnya aplikasi telah berhenti". 
  4. Tidak dapat melakukan upgrade OS, karena menu "rewrite" sudah tidak bisa lagi digunakan.
  5. Tidak bisa menginstal aplikasi pada Android.
  6. Kinerja Android menjadi lemot dan sering terjadi hang.
  7. Khusus untuk ponsel Oppo, biasanya ditandai dengan munculnya logo petir saat sedang di charge dan animasi pengisian tidak bergerak.

Baca lebih lengkap mengenai Ciri-Ciri IC eMMC Lemah dan Penyebabnya.

Itulah tanda-tanda eMMC rusak secara umum. Untuk memastikan kerusakan eMMC pada smartphone yang bootloop adalah dengan mengamati proses flashing, apabila berjalan dengan normal, tetapi hasilnya  tetap bootloop, maka bisa dipastikan kalau eMMC pada smartphone tersebut sudah rusak.

Demikian beberapa ciri IC eMMC rusak. Dan saya rasa  cukup sekian untuk artikel kali ini tentang Ciri-ciri Kerusakan eMMC Android, Semoga bisa bermanfaat.
Postingan ini dikirim oleh:
Ahmad Ushuluddin

Allandro.id merupakan sebuah media blog yang membahas tentang seputar Android
Jika sobat ingin menjadi donatur silahkan hubungi admin via Whatsapp. Dana hasil dari Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain keneono.net. Terima Kasih
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar