Skip to main content
Keneono.Net

follow us

Keneono.Site – Cara Memindah Aplikasi / Game Android dari Memori Internal Ke Eksternal SD Card – Ada beberapa alasan mengapa orang ingin memindahkan aplikasi atau game android dari memory internal ke memori external atau SD Card, ada beberapa orang mengenginginkan hal itu karena spesifikasi atau kapasitas internal memory telah penuh oleh aplikasi. Pada memori internal smatphone android versi lawas dan memori internal hp android yang terbilang kurang spesifikasinya, biasanya memakai memori internal sebesar 1GB kebawah.

Tentu saja hal tersebut sangat tidak enak ketika digunakan, masalahnya saat ini banyak aplikasi dan game yang berukuran besar akan sangat berat ketika digunakan. Nah bagi Sobat yang memiliki smartphone atau tablet keluaran terbaru, pasti masalah ini jarang dihadapi apalagi jika Sobat jarang mengistall aplikasi.

Lalu perlu Sobat ketahui bahwa menginstall aplikasi dan game di hp android akan sangat menurunkan performa android itu sendiri, biasanya yang turun dengan alasan karena memori eksternal bersifat terbatas, yang kedua adalah sebesar apapun dan seberapa cepat memori eksternal dalam read write masih kalah dengan memori internal hp android.

Cara pindahkan/Salin/Copy Aplikasi ke Memori Eksternal SD Card

Cara memindahkan aplikasi android ke eksternal (SD Card) merupakan cara yang gampang, disini saya akan membagikan dua cara dalam memindahkan aplikasi android dari internal ke eksternal (sd card) hp android.

Pada cara salin atau pindahkan aplikasi android ke eksternald sd card dapat menggunakan aplikasi Link2SD, cara ini termasuk cara yang paling mudah untuk memindahkan aplikasi dan game android dari memori internal ke sd card/mciro sd hp android. Adapun cara memindahkan/import aplikasi android ke sd card seperti berikut ini.


#1. Cara Memindahkan Aplikasi & Game Android ke Eksternal SD Card

Pada cara yang kesatu ini kita menggunakan aplikasi yang bernama Link2SD, aplikasi link2sd beguna untuk memindahkan banyak data dan aplikasi dari internal memori ke eksternal memory dengan cepat dan mudah.

Aplikasi ini membutuhkan partisi khusus yang ada pada SD Card untuk dijadikan media penyimpanan aplikasi android yang akan kita pindahkan. Caranya cukup mudah kok sob tinggal ikuti cara dibawah ini untuk memindahkan aplikasi ke eksternal memori.

  • Pastikan smartphone android Sobat sudah dalam keadaan di root.
  • Kemudian sobat perlu menyiapkan memori sd card, untuk ukuranya minimal 4GB dan pastikan sudah di partisi. Tujuanya agar lebih optimal ketika menyimpan aplikasi lebih banyak, semakin besar maka semakin bagus.
  • Setelah kedua langkah diatas tadi sudah Sobat lakukan, Sobat perlu menginstall aplikasi Link2SD.
  • Lalu ketika sudah menginstall aplikasi link2sd, sekarang buka aplikasi tersebut.
  • Pada saat pertama link2sd dibuka, Sobat pilih fat32/fat16, Kemudian klik OK.
  • Ketika berhasil maka akan muncul pop-up “Restart Your phone” nah Sobat sudah berhasil menginstall link2sd dengan baik.
  • Selanjutnya Sobat tinggal memilih aplikasi mana yang indin dipindahkan ke sd card, caranya tekan softkey atau tombol opsi pilihan & kemudian klik multi select. Sobat dapat langsung memilih semua aplikasi dengan menyentuh select all, atau bisa dengan manual centang satu satu aplikasi.
  • Jika sobat sudah selesai memilih aplikasi atau game yang ingin dipindahkan ke sd card, maka sentuh softkey lalu pilih create link.
  • Kemudian Sobat klik centang pada tiga menu yang muncul tiga menu, Sobat tinggal centang seluruhnya dan klik OK.
  • Selanjutnya Sobat tinggal menunggu proses hingga selsai.

#2. Cara Memindahkan/Salin Aplikasi & Game HP Android ke SD Card tanpa Root

Cara ini adalah cara yang paling mudah dan praktis untuk dapat memindahkan aplikasi dari memori internal ke sd card, adapun caranya sebagai berikut.

  • Pertama Sobat masuk ke pengaturan telepon / setting.
  • Selanjutnya pilih “Aplikasi“.
  • Setelah itu akan muncul daftar aplikasi yang terinstall, lalu Sobat pilih/klik aplikasi mana yang ingin dipindahkan, dan tekan tombol Move to SD Card.
  • Selesai, Sobat dapat memindahkan aplikasi lainya.

Memori internal akan lebih bebas dan ringan karena aplikasi yang ada pada memori internal sudah berpindah ke memori eksternal,

Sekian kali ini artikel tentang Cara Memindahkan Aplikasi/Game Android ke Memori Eksternal SD Card, semoga bisa bermanfaat untuk sobat semua. Kunjungi terus blog Kene Ono untuk mendapatkan postingan keren lainnya. Terimakasih….
Jika sobat ingin menjadi donatur silahkan hubungi admin via Whatsapp. Dana hasil dari Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain keneono.net. Terima Kasih
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar