Skip to main content
Keneono.Net

follow us

Keneono - Cara membuat stiker WhatsApp sendiri – WhatsApp merupakan salah satu aplikasi chatting paling populer di dunia saat ini. Saking populernya, rasanya aneh kalau kita mempunyai smartphone yang tidak ada aplikasi WhatsApp. Nah pada akhir tahun 2018, WhatsApp akhirnya menambahkan fitur stiker. Menariknya, pengguna WhatsApp bukan hanya bisa saling kirim stiker, namun juga bisa membuat stiker hasil dari karya sendiri.


Kali ini Saya mau berbagi tips bagaimana cara membuat stiker WhatsApp keren. Sobat bisa pakai foto sendiri atau gambar apapun untuk diubah menjadi stiker. Ada 2 cara membuat stiker. Cara pertama lebih sulit dan membutuhkan waktu sedikit lama untuk dikerjakan, namun hasilnya lebih bagus dan rapi. Sedangkan cara kedua lebih cepat dan cocok untuk Sobat yang ingin isengin foto temen untuk diubah jadi stiker.

WhatsApp mengijinkan penggunanya untuk membuat stiker karyanya sendiri. Untuk mempublikasikan stiker karya sendiri tersebut, bisa dengan bantuan aplikasi pihak ketiga. Selain itu, ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipatuhi sebelum membuat stiker WhatsApp, yaitu:

Yang perlu diperhatikan sebelum membuat stiker WhatsApp:

  • Latar belakang gambar transparan (Format file PNG)
  • Ukuran stiker 512 x 512 piksel
  • Ukuran file kurang dari 100 kb
  • File harus punya ikon gambar berukuran 96 x 96 piksel dan kurang dari 50 kb.

Dari 4 ketentuan di atas, bisa disimpulkan untuk membuat stiker, ukuran stiker dan file harus kecil. Bagaimana cara mengubah foto berukuran besar jadi stiker WhatsApp yang kecil ? Simak tutorialnya berikut ini.

Membuat stiker di WhatsApp tidak bisa dilakukan langsung dari aplikasi. Sobat harus instal aplikasi tambahan dari pihak ketiga untuk mengedit foto lalu mengubahnya jadi stiker WhatsApp. Untuk pertama, mari kita coba bikin stiker dengan cara yang lebih sulit dulu.

1. Membuat Stiker WhatsApp dengan Upload Gambar PNG


Supaya mudah dan hasilnya bagus, lebih baik file stiker yang akan diupload berformat PNG. Selain itu, pastikan latar belakang gambar sudah dihapus. Untuk itu, Sobat harus instal aplikasi Background Eraser dan Stiker Pribadi untuk WhatsApp. Setelah itu, ikuti langkahnya berikut ini:

  • Cari foto yang mau diubah jadi stiker WhatsApp
  • Hapus latar belakang foto tersebut dengan aplikasi Background Eraser
  • Pilih mode Auto supaya bisa hapus latar belakang dengan mudah
  • Ubah latar belakang objek jadi transparan dan simpan dalam format PNG
  • Pastikan latar belakang foto sudah dihapus secara merata
  • Jika sudah selesai, selanjutnya adalah upload hasil karyamu ke WhatsApp.
  • Upload Stiker Sendiri ke WhatsApp

Upload stiker sendiri ke WhatsApp

Setelah foto selesai diedit dan disimpan dalam format PNG, selanjutnya adalah upload gambar tersebut ke aplikasi WhatsApp. Ikuti langkahnya berikut ini:


  1. Buka aplikasi Stiker Pribadi untuk WhatsApp
  2. Setelah itu pilih gambar yang sudah diedit
  3. Aplikasi ini hanya akan membaca file gambar dengan format PNG
  4. Klik tombol Add untuk menambahkan gambar tersebut ke dalam WhatsApp
  5. Jika proses impor sudah selesai, stiker Sobat sudah bisa digunakan di WhatsApp.

2. Cara Membuat Stiker WhatsApp dengan Cepat (Hanya 5 Menit)


Jika menggunakan cara di atas cukup ribet, Saya punya alternatif solusi lain untuk membuat stiker WhatsApp secara instan dan cepat. Hanya dalam hitungan menit, Sobat udah bisa ubah foto di hp jadi stiker WhatsApp. Bagaimana caranya ? Simak dibawah ini.

  1. Instal aplikasi Sticker Maker dari developer Viko & Co
  2. Jalankan aplikasi dan buat sticker pack WhatsApp baru
  3. Sobat bisa gunakan meme, foto selfie, atau foto apapun untuk diubah jadi stiker
  4. Setelah itu, upload file gambar tersebut ke dalam folder pack
  5. Hapus latar belakang dengan fitur background eraser yang ada di aplikasi ini
  6. Setelah itu, upload stiker karyamu ke WhatsApp.


Cara yang kedua ini lebih mudah daripada cara yang pertama. Namun karena membuat stiker dengan Sticker Maker lebih instan, maka hasilnya terlihat kurang rapih. Cara kedua ini cocok digunakan jika Sobat ingin usilin foto temen dan mengubahnya jadi stiker WhatsApp.

Jika ingin hasil lebih bagus dan rapih, Sobat bisa olah/edit foto yang ada dengan aplikasi photo editing profesional di PC. Selain hasilnya lebih rapih, edit foto di PC juga lebih fleksibel sehingga Sobat bisa menambahkan filter atau teks di stiker. Setelah itu, sesuaikan ukuran file stiker dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Sekian kali ini artikel tentang Cara Membuat Stiker WhatsApp sendiri dengan mudah dan cepat, semoga bisa bermanfaat untuk sobat semua. Jangan lupa kunjungi terus blog keneono untuk mendapatkan artikel menarik lagi lainnya, Terimakasih...
Jika sobat ingin menjadi donatur silahkan hubungi admin via Whatsapp. Dana hasil dari Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain keneono.net. Terima Kasih
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar