Skip to main content
Keneono.Net

follow us

KENEONO – Dikesempatan kali ini saya akan share membahas 11 Cara Mengatasi Lag Mobile Legends Paling Ampuh Auto Win. Sobat pasti bisa hilang kesabaran kalau pas seru-serunya war malah lag atau saat main ML patah-patah, pasti ngeselin ya? Hp bisa-bisa dibanting sebagai bentuk pelampiasan. Bermain mobile legends  memang sangat menyenangkan, apalagi bermain bersama tim atau yang biasa kita kenal dengan istilah mabar (main bareng).

Namun saat bermain mobile legends tentu kita sering menemukan kendala, salah satunya adalah lag. Ya, kondisi lag merupakan kondisi dimana mobile legends patah-patah, tidak bisa bergerak, tentu hal ini saat dibenci oleh player mobile legends sehingga menyebabkan mereka afk (keluar dari permainan).


Banyak yang mengeluh dengan update tan mobile legends terbaru saat ini karena ukuran size yang terlalu besar, padahal update terbaru tidak berpengaruh pada beratnya game saat dimainkan. kemungkinan yang di sebabkan bukan dari aplikasinya tetapi ada beberapa faktor yang mempengaruhinya.

Kondisi lag pada mobile legends ini biasanya disebabkan karena 2 faktor, yakni faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi hp yang sobat gunakan seperti spesifikasinya. Sedangkan faktor internal meliputi gangguan sinyal operator, sinyal wifi, jaringan internet, maupun gangguan pada server mobile legends.

Dari semua penyebab lag di mobile legends ternyata hal tersebut bisa kita atasi supaya saat bermain mobile legends tidak ngelag dan sobat bisa bermain dengan nyaman.

Berikut 11 tips mengatasi lag pada mobile legends yang bisa sobat terapkan saat bermain :


  1. Pastikan spesifikasi hp memenuhi
    Yang perlu sobat perhatikan sebelum bermain mobile legends adalah spesifikasi hp, apakah memadai atau tidak. Biasanya hp yang tidak memenuhi sepsifikasi mobile legends akan menyebabkan lag saat bermain, jadi hal ini sangat penting untuk sobat perhatikan agar tidak menyesal saat bermain nantinya.

    Untuk spesifikasi sendiri tidak terlalu berat, sobat cukup menyediakan hp dengan RAM minimal 2 GB, tapi sangat direkomendasikan untuk bermain menggunakan hp dengan RAM 3 atau 4 GB.

  2. Pastikan koneksi internet lancar, gunakan jaringan 4G
    Hal pertama yang perlu sobat perhatikan adalah memastikan bahwa koneksi internet sobat benar-benar lancar. Hal ini bertujuan demi kenyamanan sobat saat bermain agar tidak lag.

    Untuk memastikan koneksi internet pada hp sobat tidak lag saat bermain, silahkan buka mobile legends dan coba bermain pada custom mode. Bila dirasa sinyal udah lancar dan tidak mengalami gangguan, maka sobat bisa bermain secara normal baik di classic maupun ranked.

    Saya sarankan agar sobat setting jaringan internet sobat ke 4G karena ini merupakan jaringan tercepat sehingga saat bermain sobat tidak menemukan kendala lag.

  3. Gunakan jaringan wifi
    Penggunaan wifi untuk bermain game online sangat direkomendasikan, terutama untuk mengatasi lag saat bermain mobile legends. Menggunakan wifi juga akan menghemat kuota sobat serta terhindar dari gangguan jaringan internet operator seluler.

    Perlu sobat perhatikan juga bahwa dalam menggunakan wifi untuk bermain, pastikan tidak banyak orang yang tersambung ke jaringan wifi tersebut supaya sinyal wifi tidak lelet.

  4. Tutup aplikasi yang berjalan di latar belakang
    Jika aplikasi berjalan secara bersamaan maka itu akan menyebabkan RAM harus berkerja dengan maksimal, akibatnya hp akan terasa lemot. Apalagi jika sobat sambil bermain game, hal ini juga merupakan penyebab mobile legends menjadi lag.

    Untuk itu saat bermain atau sebelum bermain sebaiknya sobat hentikan dulu proses aplikasi yang berjalan di latar belakang supaya penggunaan RAM tidak terlalu maksimal sehingga mobile legends tidak mengalami lag saat bermain.

  5. Main di jam produktif jam 12 malam keatas
    Bagi sobat yang suka begadang, bermain di jam-jam tengah malam adalah hal yang tepat untuk menghindari lag pada mobile legends, karena di jam ini para pemain mobile legends otomatis berkurang karena pada tidur, oleh karena itu server di mobile legends jadi ramping.

    Bermain di jam 12 malam keatas  juga biasanya sinyal jaringan internet sangat lancar karena pengguna tengah malam yang tidak terlalu banyak. Selain itu juga bermain di jam produktif seperti ini akan mudah untuk menaikkan rank sobat bagi yang push rank pada tengah malam karena playernya disini biasanya pro semua.

  6. Ubah kualitas garfis menjadi LOW
    Saat sobat mulai merasa lag saat bermain disebabkan karena spesifikasi hp sobat kurang mendukung dan cepat panas, maka sebaiknya sobat ubah grafis mobile legends ke mode low sehingga tidak terlalu memakan banyak RAM sehingga tidak akan lag lagi.

  7. Memakai Aplikasi Game Booster
    Game Booster berfungsi untuk memaksimalkan kinerja ponsel pintar Sobat saat bermain game. Dalam hal ini adalah untuk main Mobile Legends. Banyak pilihan aplikasi game booster terbaik untuk main Mobile Legends dan game online lainnya.

    Misalnya Systweak Android Cleaner, GameBooster 3, Cache Cleaner-DU Speed Booster, Dr. Booster – Boost Game Speed, Swift Gamer, dan lainnya. Anda bisa pilih salah satunya di Google Play Store.

    Menggunakan aplikasi Game Booster tentunya akan membuat smartphone anda lebih lancar saat memainkan game, karena aplikasi ini akan membatasi background process pada sebuah smartphone.

    Terlalu banyak aplikasi yang berjalan di background akan membuat kinerja smartphone semakin berat, apalagi jika RAM HP cuma 1 GB, pasti main Mobile Legends jadi patah-patah.

    Nah dengan menggunakan aplikasi game booster ini tentunya akan mematikan background process yang tidak dibutuhkan, sehingga main game akan lancar jaya tanpa lag.

    Tapi jika spesifikasi HP anda lumayan bagus, seperti HP dengan ram 3 GB keatas, anda tidak perlu menggunakan gamebooster.

  8. Gunakan mode pesawat
    Saat sobat bermain mobile legends menggunakan jaringan wifi, sebaiknya sobat nyalakan atau aktifkan saja mode pesawat pada hp sobat. Hal ini berfungsi untuk mematikan fitur-fitur pada hp sobat yang sering memakan RAM dan baterai seperti jaringan seluler, bluetooth, gps, dan lain sebagainya.

    Dengan mengaktifkan mode pesawat maka hp sobat akan terasa ringan saat bermain dan cara ini juga ampuh untuk mencegah lag pada mobile legends.

  9. Jangan bermain sambil charger hp
    Bermain game terutama mobile legends sambil mengecas hp akan mengakibatkan mobile legends menjadi lag. Karena saat bermain sambil di charge daya hantar listrik sangat mempengaruhi performa hp sehingga hp menjadi cepat panas. Nah, kalau hp sobat sudah panas tau sendiri kan akibatnya.

    Maka dari itu, sebaiknya sobat hindari saja bermain mobile legends sambil di charge, selain itu hal ini juga dapat membahayakan kesehatan baterai smartphone sobat.

  10. Jangan bermain ketika hujan
    Biasanya saat sedang hujan jaringan internet akan gangguan dan sinyalnya akan menurun secara drastis sehingga koneksi internet akan lambat.

    Jadi jika hujan sebaiknya sobat jangan memaksakan diri untuk bermain mobile legends karena hanya akan mengalami lag. Hindari saja bermain saat hujan.

  11. Istirahatkan hp saat overheat / panas
    Jika sobat menggunakan smartphone untuk bermain mobile legends beberapa match atau menggunakannya untuk aktivitas lain, kemudian bermain lagi, jika lag maka istirahatkan saja hp tersebut.

    Biasanya penggunaan hp yang terlalu lama akan menyebabkan hp tersebut overheat atau kepanasan. Ini termasuk cara mengatasi lag di mobile legends yang paling ampuh

    Jika hp sudah panas maka yang akan terjadi adalah semua proses akan menjadi lambat termasuk dalam bermain game. Jadi sebaiknya sobat hindari saja bermain saat hp sedang overheat.


Itulah 11 Cara Mengatasi Lag Pada Mobile Legends yang bisa sobat terapkan saat bermain Mobile Legends supaya bisa auto win.

Sampai disini pembahasan tentang 11 Tips Mengatasi Lag Mobile Legends Paling Ampuh, semoga bisa bermanfaat untuk sobat semua.
Jangan lupa kunjungi terus blog KENONO untuk mendapatkan artikel menarik lagi lainnya. Terimakasih…
Jika sobat ingin menjadi donatur silahkan hubungi admin via Whatsapp. Dana hasil dari Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain keneono.net. Terima Kasih
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar