Skip to main content
Keneono.Net

follow us

KENEONO – Dikesempatan kali ini saya akan share Hal Yang Harus di Ketahui Sebelum Membeli Laptop Second. Laptop ini sangat penting untuk seorang IT Proggramer, Desainer dan yang lainnya harus pandai-pandai memilih laptop yang sesuai, apalagi kalau belinya second. Di antara sobat semua pastinya pernah membeli sebuah laptop, entah laptop itu baru atau second, tapi jika kalian membeli laptop second apa yang perlu kalian cek? Yang paling utama pastinya Casing (Kesing) pastinya buat orang awam yang tidak seberapa paham tentang laptop pastinya dia akan memilih kesing yang di utamakan, entah itu alasannya apa saya kurang tahu, padahal sobat harus mengetahui apakah laptop itu normal jaya atau malah sudah rusak ini sangat perlu diperhatikan. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang laptop second. Hal yang perlu kalian ketahui sebelum membeli laptop second lihat dibawah ini.


Berikut Hal Yang Perlu Sobat Ketahui Sebelum Membeli Laptop Second :


  1. Pastikan laptop bukan barang servisan
    Bisa dilihat dari seluruh body dan baut body, biasanya kalau bekas ada kerusakan sedikit dibagian sisi bodi
  2. Pastikan semuanya bekerja dengan baik (software maupun hardware)
    Uji coba terlebih dahulu, dengan cara dihidupkan dan lihat semua aplikasi dan perangkat tersebut bekerja
  3. Garansi yang diberikan oleh penjual (minimal ada garansi beberapa hari)
    Pastikan laptop tersebut tidak pernah jatuh atau kesalahan-kesalahan lain dari pemakai sebelumnya
    Pastikan semua hardware bebas penyakit seperti harddisk, baterai, LCD, keyboard, DVDRW dan carger.

    Bagaimana Cara Mengetahui Kondisi Laptop Tersebut Bekerja Sebagaimana Mestinya?
    Periksa LCDnya apakah bisa menampilkan gambar dengan baik.
    Cek apakah ada titik hitam atau putih pada layar, istilahnya Dead pixel?cukup menggunakan mata telanjang. Kalau mau akurat bisa gunakan aplikasi seperti Dead Pixel Budy untuk mencari dead pixel atau titik hitam tadi. Kalau cuma satu sih gak masalah, tetapi kalau sudah terlalu banyak, lebih baik tidak dihindari
  4. Periksa kondisi kesehatan harddisk.
    Ini cukup penting karena disinilah semua software yang kita pasang dan juga tempat penyimpanan data. Harddisk yang jelek akan berpengaruh juga kepada kinerja laptop tersebut. Cek apakah ada bad sector atau tidak? kalau ada satu atau dua titik bad, tidaklah terlalu jelek. Kalian bisa mengeceknya menggunakan aplikasi HDD Sentinel
  5. Periksa optical disk.
    Caranya cukup memasukkan kaset DVD yang berisi data, kemudian di burning menggunakan aplikasi nero atau menyalin seluruh file di dalam kaset. Coba lihat apakah semua data di kaset bisa terbaca? atau malah sebagian tidak?
  6. Periksa ketahanan Baterai.
    Umumnya baterai laptop bisa bertahan kurang lebih 3-6 jam tergantung dari penggunaannya. Untuk laptop bekas, ketahanan baterainya pun berkurang tergantung juga dari usia laptop tersebut. Untuk mengeceknya bisa menggunakan aplikasi Battery bar atau cek langsung dengan menghidupkan laptop sampai baterai benar-benar mau habis dan lihat berapa lama waktunya.
  7. Periksa kestabilan laptop.
    Untuk yang satu ini agak sulit, karena untuk mengetahui laptop tersebut stabil atau tidak dengan cara menggunakannya dengan jangka waktu yang lumayan lama. Terus solusinya bagaimana? saran saya coba jalankan Windows Experience Index dan tunggu sebentar sampai menampilkan hasilnya. Jikalau ada error maka WEI tidak bisa menampilkan nilainya.
  8. Periksa suhu laptop.
    Tujuannya sendiri untuk memastikan bahwa pendingin prosesor didalam laptop bekerja dengan baik. Ini penting, karena ketika pendingin tersebut tidak bekerja sebagaimana mestinya akan berimbas kerusakan fatal pada laptop tersebut. Gunakan aplikasi speed fan untuk melihat kondisi suhu keseluruhannya. Kalian bisa menggunakan Software yang di namakan Speed Fan.
  9. Periksa semua port pada laptop.
    Port yang saya maksud adalah port USB, port VGA, port Audio dan juga card reader apakah berfungsi semua atau tidak.
  10. Periksa semua device pada laptop bekerja dengan baik
    Device yang saya maksud adalah Bluetooth (kalau ada), WiFi, Sound dan LAN Card. Untuk bluetooth coba koneksikan dengan perangkat seperti handphone, sama halnya dengan Wifi. Sound, cukup sobat memutar sebuah lagu. Card reader sedikit bisa diabaikan kalau rusak karena kita sendiri sudah jarang menggunakannya.
  11. Periksa Webcam.
    Caranya cukup mudah dengan membukanya menggunakan aplikasi webcam dan coba mengambil foto dan video, kemudian diputar. Namun biasanya ketika kita membuka aplikasi webcam dan langsung tampil wajahnya, harusnya webcam tersebut tidak ada masalahnya.


Itulah beberapa hal yang harus sobat perhatikan sebelum membeli Laptop Second, dengan artikel kali ini semoga bisa bermanfaat untuk sobat semua.
Kunjungi terus blog keneono untuk mendapatkan artikel menarik lagi lainnya. Terimakasih...
Jika sobat ingin menjadi donatur silahkan hubungi admin via Whatsapp. Dana hasil dari Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain keneono.net. Terima Kasih
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar