Skip to main content
KENE ONO

follow us

Keneono.Net – Microsoft kali ini resmi meluncurkan sistem operasi terbarunya yaitu Windows 11. Peluncuran tersebut dilakukan Microsoft pada Kamis (24/6/2021). Windows 11 adalah versi terbaru penerus dari versi sebelumnya yaitu Windows 10.

OS ini membawa antarmuka yang sederhana namun kinerja serta pengalaman dalam multitasking ditingkatkan. Windows 11 juga menyertakan menu serta tombol Start yang telah diperbarui. Start menu pada OS baru ini posisinya tidaklah lagi diujung kiri layar, namun microsoft telah merombak dan memindahkannya ke tengah.

Di sistem operasi teranyar inipun tidak ditemukan Live Tile yang sudah menjadi ciri khas pada sistem operasi sebelumnya sejak Windows 8 di hadirkan. Namun Kini telah digantikan dengan aplikasi yang di butuhkan para pengguna. Tema juga di perbarui, ada dua pilihan tema yaitu Light mode dan Dark Mode, keduanya tema ini mengusung latar belakang transparan. Pada sisi kiri, Microsoft menempatkan sebuah panel widget yang di dukung AI dan dapat menampilkan berbagai informasi yang bisa di personalisasi.

Lantas apa saja kelebihan dari Windows 11 ?


1. Memiliki tampilan baru


Dikutip dari PC Mag, tampilan Windows 11 memiliki ikon taskbar yang terpusat seperti pada Chrome OS yang menempatkan ikon di sisi tengah.

Desain ikon pada Windows 11 juga lebih halus, transparan, dan terlihat lebih modern serta minimalis.
Meski demikian keterangan jam dan tanggal serta jaringan masih berada di sebelah kanan.

2. Memiliki sejumlah tampilan Widget


Microsoft kembali menghadirkan Widget pada versi Windows terbarunya. Kehadiran widget ini dilakukan usai Apple mengaplikasikan widget pada iOS 14. Widget pada Windows 11 akan hadir untuk menampilkan panel berita, minat dan cuaca. Widget akan memberikan dukungan AI dan Microsoft Edge. Untuk mengakses widget Windows 11 caranya adalah arahkan kursos ke sebelah kiri layar.

3. Menu “Setting” yang lebih ringkas


Microsoft memperbarui desain menu setting-nya. Tampilan menu setting-nya kini terkesan lebih ringkas, praktis dan mudah untuk digunakan.

4. Hadirkan Snap Layout


Kini pada versi terbarunya, Microsoft menghadirkan kenyamanan para penggunanya dengan menghadirkan Snap Layout.

Snap Layout ini akan memungkinkan pengguna mengatur tata letak jendela dan dengan mudah mengatur aplikasi apa saja yang akan ditampilkan.

5. Terintegrasi dengan Teams


Windows 11 akan terintegrasi dengan Teams, alat konferensi video dan perpesanan milik Microsoft. Dengan demikian, pengguna akan semakin mudah untuk mengakses Teams pada Microsoft. Pada 2019, Teams memiliki 20 juta pengguna, namun pada 2021 menjadi 145 juta pengguna. Teams merupakan aplikasi lintas platform yang bisa diakses pada Android atau iOS serta Windows.

6. Dapat Menjalankan Aplikasi Android


Dalam perilisanya, Microsoft memberi kejutan pada Windows 11 ini. Sistem operasi windows baru ini dapat menjalankan aplikasi Android tanpa perlu modifikasi khusus. Ini tentu menjadi pertama kalinya Microsoft menanamkan kemampuan tersebut. Aplikasi Android bisa di temukan pada Microsoft Store dan juga dapat pula diunduh lewat Amazon App Store. Setelah didownload, aplikasi android tersebut dapat disematkan atau pin ke dalam taskbar atau di sandingkan dengan aplikasi Windows lainya.

Microsoft pun telah bekerja sama dengan Intel agar dapat menggunakan teknologi Intel Bridge, dan teknologi inilah yang bisa membuat aplikasi Android dapat berjalan pada sistem x86. Aplikasi Android pada Windows 11 tidak hanya bekerja di komputer berbasis CPU Intel saja, namun juga dapat berjalan pada procesor AMD dan juga ARM.

Ini merupakan langkah yang di ambil Microsoft untuk dapat mengimbangi Apple dengan chip M11 nya. Chip M11 merupakan chip yang digunakan apple agar aplikasi iOS dapat berjalan pada system operasi mac. Sementara itu, Microsoft lebih memilih untuk menggandeng pesaing utama apple, yang tak lain yaitu Android.

7. Penyempurnaan Untuk Main Game


Untuk menunjang kebutuhan gamer, Windows 11 telah ditanami fitur Auto HDR, ini membuat gambar akan lebih tajam dan juga detail. Microsoftpun turut membawa DirectStorage di windows 11 untuk mempercepat loading game.

Kabar baiknya lagi, Xbox Game Pass juga telah terintegrasi didalam Windows 11 ini. Lantaran xCloud turut menyertakan, penggunapun dapat melakukan stream game langsung melalui sistem operasi ini.

Selain itu, windows teranyar ini telah disertai Xbox Game Pass. Ini berfungsi sebagai pemberi pengguna untuk mengakses ke dalam sejumlah besar game di PC serta game pada Xbox Cloud. Fitur ini terintegrasi langsung kedalam platform dan membuat akses jadi lebih gampang. Penggunapun dapat menggunakan kemampuan cross play serta cross save untuk bisa beralih antara konsol atau PC, dkalianpat membeli game langsung dari aplikasi Xbox ini.

8. Peningkatan Multitasking Dan Performa


Pada Windows 11 ini, Microsoft menghadirkan sebuah fitur yang bernama Snap Layouts. Fitur satu ini dapat memungkinkan pengguna memasuk kan aplikasi ke berbagai mode yang di dukung Windows 11 dengan sangat cepat.
Selain hal itu, ada juga fitur "Grup Snap", yang mampu memudahkan pengguna disaat mereka ingin melakukan multitasking dengan membuka serta menyimpan beberapa jendela atau window aplikasi secara bersamaan.

Dengan fitur tersebut, windows 11 sangat cocok di gunakan bagi pengguna yang sering membuka aplikasi dengan lebih dari satu monitor, itu dikarenakan fitur ini akan memastikan bahwa aplikasi selalu terbuka pada layar yang benar.

Performa pada os ini juga merupakan sebuah fokus besar. Pokoknya, Windows 11 memiliki kinerja 40% lebih kecil serta lebih efisien dan juga dapat bekerja pada background, sehingga tidak akan menggangu ditengah pekerjaan penggunanya.

9. Lebih Ramah Untuk Tablet Dan Perangkat Layar Sentuh


Windows 11 telah di rancang untuk bekerja di berbagai jenis perangkat, termasuk tablet ataupun notebook dengan layar sentuh. Karena hal itu, banyak sekali fitur yang di perbarui agar Windows 11 tetap nyaman saat di gunakan pada berbagai macam perangkat. Walau fitur tablet mode di os ini ditiadakan, namun microsoft menggantinya dengan yang lebih canggih, yaitu windows 11 dapat dengan cerdas megubah mode atau beradaptasi saat di install di perangkat tertentu.

Salah satu contoh adaptasi cerdas windows 11 adalah ketika detachable pada keyboard di cabut dari tablet PC, maka secara otomatis ikon serta menu akan berubah sedikit membesar. Dengan dengan hal itu, pengguna akan lebih mudah mengoperasikan dengan jari atau stylus tanpa harus mengaturnya ke posisi tablet mode.

10. Upgrade Ke Windows 11 Gratis


Nah kabar baiknya untuk pengguna yang ingin melakukan upgrade ke OS terbaru ini, microsoft memberikan nya secara cuma-cuma alias gratis. Bagi kalian yang saat ini menggunakan sistem operasi lawas milik microsoft, kalian bisa melakukan migrasi ke windows 11 ini dengan cara melalukan pembaruan pada windows update dipengaturan atau bisa juga mengunduh file nya untuk kemudian menginstall nya.

Syarat mendapat windows 11 secara cuma-cuma yaitu pengguna harus menggunakan windows yang original sebelumnya. Nah jadi jika windows yang kalian pake sekarang adalah windows bajakan, maka kalian tidak akan dapat upgrade yang diberikan oleh microsoft ini.

Sekian kali ini artikel tentang kelebihan Windows 11 yang perlu kalian katahui, semoga bisa bermanfaat untuk pembaca, Terimakasih.
Jika sobat ingin menjadi donatur silahkan hubungi admin via Whatsapp. Dana hasil dari Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain keneono.net. Terima Kasih
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar