Skip to main content
Keneono.Net

follow us

KENEONO - Dikesempatan kali ini saya akan share Cara Membedakan ROM Asli atau Abal-abal XIAOMI. Ciri-ciri dari ROM xiaomi abal-abal terkadang sulit untuk dibedakan dengan ROM xiomi yang asli, namun jika kita teliti, pasti akan diketahui perbedaannya.Oleh karena itu untuk sobat penggemar xiaomi yang masih belum mengetahui perbedaan xiaomi rom asli dengan rom abal-abal maka uraian berikut bisa sobat jadikan referensi.

Yang masih bingung atau yang belum tau cara membedakannya dibawah ini sebagian kecil cara mengetahuinya.


Ciri-Ciri ROM Asli Stable CN / Stable Global:

1. terdapat 3 buah titik jika dihitung di versinya ex: x.x.x.x / x.xx.x.x etc.
2. tidak adanya bahasa INDONESIA (Khusus rom CN / di versinya ada tulisan CN)

Ciri-Ciri ROM asli Dev CN / Dev Global:

1. terdapat 2 buah titik jika dihitung di versinya ex: x.xx.xx etc
2. tidak adanya bahasa INDONESIA (Khusus rom CN)

Berikut Ciri-ciri ROM xiaomi palsu alias abal-abal :

1. Banyak sekali keluar iklan tiba-tiba, jika ketika sobat mengoperasikan xiaomi sobat, tiba-tiba bermunculan iklan, maka sudah dapat dipastikan xiaomi sobat kemungkinan besar xiaomi dengan rom  distributor abal-abal, xiaomi distributor terkadang banyak yang sudah diinjek dengan kode iklan agar si distributor mendapatkan keuntungan dari tayangan iklan. tapi sayangnya dengan munculnya iklan bisa menyebabkan quota pada hp xiaomi akan mudah sekali habis dan perfoma hp akan berkurang.

2. Bahasa indonesia yang tidak baku dan acak-acakan, salah satu ciri lainnya adalah bahasa indonesia yang digunakan terasa tidak baku, jadi ketika sobat memilih bahasa indonesia namun kelihatan kurang baku kemungkinan besar xiaomi sobat adalah xiaomi rom modifikasi.

3. Tidak bisa melakukan update MIUI via OTA, update MIUI dari xioami biasanya akan release setiap minggu untuk versi rom developer cina, atau satu bulan sekali untuk versi rom global official atau cina official, pada xiaomi abal-abal update biasanya tidak bisa dilakukan karena perangkat sudah dioprek agar tidak bisa melakukan update OTA.

4. Banyak aplikasi bawaan yang bermasalah, terkadang sering buka tutup sendiri, dan aplikasi tersebut sulit untuk diuninstal, jika di hp xiaomi sobat banyak aplikasi yang tidak dikenal dan tidak bisa diuninstal maka kemungkinan besar hp xiaomi sobat memiliki rom abal-abal.

5. Periksa tipe ROM nya. Untuk mengetahui xiaomi abal-abal yang terakhir sobat bisa cek versi ROM nya, untuk mengeceknya pada ponsel xiaomi sobat silahkan masuk ke menu seting/pengaturan  about ponsel / tentang ponsel. Silahkan sobat amati pada versi MIUI / MIUI Version,

  • jika nomor versi mengandung 3 titik 4 angka dan kode yang terdapat di dalam kurung mengandung ....MI.... kemungkinan besar asli, seperti contoh: MIUI Global | 8.1 | Stabil 8.1.4.1 (MBFMIDG), kode tersebut adalah kode Xiaomi untuk ROM global official (resmi), pada nomor versi ada 3 titik dan kode di dalam kurung ada kata MI. Perangkat akan mengandung bahasa dunia termasuk indonesia, jika perangkat hp sobat semacam di atas sudah dipastikan ASLI 100%.

  • Jika pada nomor versi terdapat 4 titik, 5 angka bahkan lebih , contoh v7.1.1.0.0 kemungkinan besar rom distributor abal-abal.

    Jika pada nomor versi terdapat 3 titik 4 angka, dan pada kode mengandung CN, namun ketika hp di cek terdapat bahasa indonesia kemungkinan besar ROM hp tersebut palsu/abal-abal. seperti misalnya pada versi rom : MIUI Global | 8.1 | Stabil 8.1.4.1 (LXKCNMA), Versi ROM tersebut sebenarnya adalah ROM official Cina (sebelumnya original / asli) pilihan bahasa biasanya hanya cina dan inggris, namun karena ada tulisan Global dan pada pilihan bahasa, biasanya ada pilihan bahasa indonesia kemungkinan besar hp xiaomi sobat abal-abal atau sudah dimodifikasi.


Sekian artikel Cara Membedakan ROM Asli atau Abal-abal XIAOMI kali ini dari saya semoga bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih....
Jika sobat ingin menjadi donatur silahkan hubungi admin via Whatsapp. Dana hasil dari Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain keneono.net. Terima Kasih
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar